Tips membersihkan laptop atau notebook

Tips membersihkan laptop atau notebook

hy guys.. kali ini saya akan berbagi tips seputar membersihkan laptop atau notebook agar awet dan high quality. Bagi yang sudah mempunyai laptop atau notebook wajib baca nih, Why ? Penting banget deh, karena bakalan nyesel banget kalo ga pernah membersihkan laptop.  Udah keren2 bawa notebook sambil nongkrong hotspotan di cafe ternyata notebooknya penuh dengan debu apalagi dengan si pengguna adalah perokok dan tidak pernah mandi yg kerjaannya cuman online mulu.. :D 
Laptop bekas ataupun laptop baru tidak akan keliatan apabila seringkali dibersihkan dan yang terpenting masih kinclong. Pernah sesekali omdimas baca buku panduan “Gimana sih caranya menggunakan laptop dengan baik ?
ini dy tipsnya.. dibaca baek - baek yah guys..

1. Sapulah Dengan Kuas atau Sikat Gigi


Mengapa yang pertama omdimas saranin pake kuas ? Karena sebelum lantai dipel, pertama kan harus di sapu dulu. itu logikanya ! cukup beli kuas cat di toko bangunan yang modalnya ga sampe goceng alias Rp 5000,- . Dengan catatan, beli kuas yang lembut yah seperti kuas besi. Murah meriah dan awet koq kuas nya. Debunya disapu terlebih dulu bagian yang susah dijangkau bila menggunakan kain terutama di bagian keyboard. Kalo sikat gigi bisa digunakan apabila ada sudut yang susah dijangkau dan susah dibersihkan. Tapi jangan lupa beli sikat gigi yang halus juga yah !

2. Gunakan Blower

Abis disapu pasti ada sisa2 tuh, omdimas saranin pake blower saja jangan pake hembusan nafas. Why ? Kadangkala saat meniup, secara tidak sengaja ada air liur yang ikut tertiup jadi pas niup di bagian komponen tertentu seperti motherboard saat bersihin kipas bisa bikin korsleting. Kalo bingung penampakan blowernya bisa dilihat dibawah ini.

3. Pakailah Kain atau Tisu yang Lembut

 

Setelah ditiup pake blower, saatnya dipel yah ! tapi jangan pake air yang berlebihan dan digunakan khusus dibagian luar saja ! jangan menggunakan air di bagian komponen elektronika, bisa2 laptop anda tidak bisa hidup kembali dan akhirnya masuk service-an. Pake air untuk membersihkan noda yang membandel, lalu cukup disemprot pake semprotan air seperti contoh alat semprotan untuk seterika trus di bilas pake kain atau tisu yang lembut dan saat membilas arahnya harus searah. Cling CLing … bersih dah !
Oh iya, jangan pake kertas sama sabun yang kasar karena bisa merusak body atau lcd menjadi tergores.

Tips ini digunakan untuk bagian luar laptop saja bukan di bagian dalam laptop seperti membersihkan kipas karena sangat rawan dan membutuhkan keterampilan khusus untuk membukanya. Tapi tenang saja, omdimas usahain untuk bagi2 info untuk bagaimana caranya membuka laptop untuk membersihkan kipas atau pengen mempreteli komponen laptop satu-persatu.

Semoga tips ini bermanfaat guys.. :D :D :D


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 00.36 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar